Pendakian Bukit Lorokan 1.100 mdpl : Indah & Ramah Pendaki - Manusia Lembah

Pendakian Bukit Lorokan 1.100 mdpl : Indah & Ramah Pendaki

Ingin merasakan sensasi naik gunung tanpa harus berjibaku dengan jalur ekstrim? Bukit Lorokan di Mojokerto bisa jadi tujuan. Dengan ketinggian yang ramah untuk pendaki pemula, bukit ini menyuguhkan panorama alam yang memukau. Bahkan panorama di puncaknya juga sangat indah, tidak kalah dengan gunung-gunung tinggi di Jawa Timur lainnya.

Keindahan alamnya tidak hanya ada di puncak. Dalam perjalanan juga akan melewati air terjun yang semakin menyegarkan suasana. Kawasan yang asri, indah dan menyejukkan sangat cocok untuk wisata alam tipis-tipis.


Rute ke Basecamp


Bukit Lorokan terletak di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Perjalanan dari Surabaya ke lokasi basecamp memakan waktu sekitar 1,5 jam. Rutenya bisa melalui arah Mojokerto - Pacet - dan menuju Jl. Cangar - Pacet.

Sedangkan dari Malang bisa lewat Batu - Pacet dan lewat Jl.Cangar - Pacet. Di sepanjang jalan yang menanjak itu, pos perizinan berada di kanan jalan, di depan kawasan Dreamland Puncak Sendi. Ikuti jalan berbatu hingga tiba di lokasi parkir dan basecamp Bukit Lorokan.

Peta Pendakian Bukit Lorokan


peta pendakian Bukit Lorokan

Bukit Lorokan berada di ketinggian 1.000 mdpl. Dari gerbang masuk untuk ke basecamp langsung kanan, sedangkan jika lurus adalah jalur pendakian. Namun, sebelum naik harus registrasi dulu, karena ada dua pilihan jalur yang bisa dipilih untuk ke Pos 1.

Jalur pertama yang bisa dipilih adalah jalur di tepi basecamp yang nantinya akan melewati Air Terjun Kedung Kepyur. Sedangkan jalur di depan gerbang masuk akan melewati Jembatan Jambu Alas dan Rumah Pohon. Keduaya akan bertemu di Pos 1.

Pendakian Bukit Lorokan



Basecamp - Pos 1

Naik via Jalur Air Terjun menjadi jalur ya banyak digunakan karena bisa sekaligus menyegarkan diri. Perjalanan akan melintasi parkiran dan mushola, kemudian tinggal mengikuti jalur menurun. Perjalanan masih relatif landai hingga sampai di sungai.

air terjun kedung kepyur 

Air Terjun Kedung Kepyur tidak begitu tinggi dan berada tak jauh dari Pos 1. Dari sini bisa berhenti sejenak atau langsung melewati jembatan untuk langsung ke Pos 1. Jalur pedakian Bukit Lorokan dari air terjun ini mulai menanjak dan cukup melelahkan meski hanya sebentar.

pos 1 Bukit Lorokan
 
Pos 1 merupakan area lapang yang cukup luas. Disini ada area camping, gazebo, ayunan, toilet, mushola dan cafe. Disini bisa menukarkan voucher Rp. 5.000 yang didapat saat membeli tiket, dengan minuman. Bagi yang ingin mengisi daya ponsel, disini juga ada banyak colokan di gazebo yang bisa digunakan.

Pos 1 - Pos 2

Dari Pos 1 ke pos 2 jalurnya relatif landai, ada di depan mushola. Jarak ke Pos 2 Bukit Lorokan tidak terpaut jauh dan ditandai dengan pos di dekat jalur pendakian. Disini bisa istirahat sejenak sebelum melanjutkan pendakian selanjutnya.

pos 2 

Pos 2 - Pos 3

Menuju Pos 3 trek mulai menanjak. Mendekati Pos 3 jalurnya berupa tanah yang sudah dibentuk undak-undakan agar mempermudah pendakian. Pos 3 berupa gubuk seperti Pos 2 yang bisa digunakan untuk beristirahat, tetapi ukurannya lebih kecil.

pos 3 

Pos 3 - Puncak

Dari Pos 3 ke puncak trek masih tetap berupa jalan setapak menanjak. Trek ini nantiya akan membawa hingga puncak bukit yang panjang. Dari sana, ada dua jalur ke kanan dan kekiri, dimana jika kekanan akan sampai di puncak Bukit Lorokan, sementara ke kiri akan ke Puncak Pegat.

Dari pertigaan jalur ke titik puncak jalurnya sudah landai. Memiliki puncak bukit yang panjang, pemandangan dari pertigaan sudah tersaji sangat indah. Area yang landai memungkinkan memilih camp dimana saja sesuai selera.

gunung jawa timur 

Ada yang camp di dekat puncak, ada pula yang jauh dari puncak, karena keduanya menyajikan pemandangan perbukitan yang sangat indah. Namun, dilarang mendirikan tenda di dekat tugu puncak ya!. Dari sini tampak Gunung Welirang, Gunung Penanggungan di kejauhan dan kawasan Pacet yang lampu-lampunya tampak indah saat malam hari.

gunung welirang 

Selain ke Puncak Bukit Lorokan, jalan-jalan ringan ke Puncak Rengganis Gunung Pegat juga bisa dicoba!. Tidak terpaut jauh, panorama indah dari sisi berbeda begitu luar biasa.

puncak gunung pegat
 

Tips :


  1. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik tertutama rem, karena Jl. Cangar-Pacet terbilang curam.
  2. Gunakan Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung yang lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.
  3. Tataati tata tertib pendakian, seperti larangan membuat api unggun, merusak alam, membunuh satwa liar, dan sebagainya
  4. Jangan melewati batas aman/wilayah pendakian Bukit Lorokan.
  5. Jika ingin tektok bisa dimulai pagi - siang, karena trek pendakian tidak lama.
  6. Hati-hati pohon tumbang dan angin kencang.
  7. Bawalah logistik yang cukup jika ingin camping, karena setelah Pos 1 tidak ada air.
  8. Jangan membuang sampah sembarangan di sepanjang jalur pendakian Bukit Lorokan dan jangan vandalisme.
  9. Jalur turun bisa lewat Rumah Pohon jika ingin mencoba.

Puncak Bukit Lorokan

Estimasi Waktu Pendakian Bukit Lorokan :


Basecamp - Pos 1 : 30 menit
Pos 1 - Pos 2 : 3 menit
Pos 2 - Pos 3 : 7 menit
Pos 3 - Puncak Bukit Lorokan : 8 menit

Informasi Pendakian Bukit Lorokan :

 
  • Tinggi : 1.100 mdpl
  • Puncak : Puncak Lorokan, Puncak Pegat.
  • Sumber Mata Air : -
  • Camp Ideal : Pos 1, Puncak Bukit Lorokan
  • Durasi Pendakian Normal : 1 hari.
  • View Gunung : Gunung Welirang, Gunung Penanggungan,
  • Lokasi Basecamp Bukit Lorokan : Jl. Cangar - Pacet No.9, Hutan, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Map : Klik Disini)
  • Kontak Basecamp :
  • Simaksi : Rp. 15.000
  • Wisata Sekitar : Bukit Cangar Pacet, Wisata Alam Coban Waru, Panorama Petung Sewu, Pemandian Ubalan, Gunung Alap-alap